Daun Kelor,Sayur Bernutrisi Tinggi yang Sering Terlupa. - Nyus News

.

Newest News

Post Top Ad

Tuesday, April 12, 2016

Daun Kelor,Sayur Bernutrisi Tinggi yang Sering Terlupa.



[NyusNews.com] Daun kelor di Indonesia banyak di temukan tumbuh di dataran rendah di tanah yang berpasir.

Tanaman ini tahan terhadap kekeringan.Sebagian kelompok masyarakat di Indonesia yang mempunyai pantangan memakan daun kelor.

Tapi mayoritas masyarakat di daerah pantai yang mengenal sayur ini sangat menyukai dan memanfaatkannya sebagai sayur segar menemani nasi saat makan bersama keluarga.

Sebagian lagi ada yang tidak menyukai daun kelor dengan alasan aromanya yang aneh bagi mereka dan adanya tradisi di dalam masyarakat jawa yang menggunakan daun kelor untuk memandikan mayat seseorang yang di duga semasa hidupnya mempunyai "pegangan" atau jimat atau sesuatu yang tertanam dalam tubuh si jenazah dengan tujuan agar barang itu keluar,mitosnya seperti itu,entah benar atau tidak,yang pasti tradisi tersebut membuat sebagian orang malas dan enggan memakan sayur daun kelor.Namun di balik itu semua,ternyata daun kelor mempunyai nutrisi yang sangat tinggi dan mempunyai banyak manfaat.



tabel-kandungan-protein-lemak-vitamin-dan-mineral

Tabel di atas telah menjelaskan betapa tingginya nutrisi yang di kandung daun kelor.



Berikut ini beberapa penjelasan mengenai kandungan nutrisi daun kelor seperti dikutip dari Pondokibu.com:

1. Daun kelor mengandung lebih banyak vitamin C

Vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan melawan penyakit infeksi termasuk flu dan pilek. Buah- buah yang berasa asam seperti jeruk dan lemon mengandung banyak vitamin C. Tetapi Vitamin C daun kelor 7x lebih banyak daripada jeruk.

2. Daun kelor mengandung potassium

Potassium penting untuk otak dan saraf. Pisang adalah sumber potassium yang sangat baik. Daun kelor mengandung potassium 3x lebih banyak daripada pisang.

3. Daun kelor kaya akan Vitamin A

Vitamin A bertindak sebagai pelindung melawan penyakit mata, kulit, jantung,diare,dan banyak penyakit ringan lainya. Wortel diketahui sangat kaya vitamin A. Tetapi vitamin A pada daun kelor 4x lebih tinggi dari pada wortel.

4. Daun kelor mengandung kalsium

Kalsium membangun tulang dan gigi yang kuat dan membantu mencegah osteoporosis. Susu menyediakan banyak kalsium tapi kalsium pada daun kelor 4x lebih banyak dari kalsium susu. Daun kelor dapat membantu membangun kembali tulang-tulang yang lemah, mengatasi kekurangan darah dan membantu para ibu yang kekurangan gizi untuk memenuhi gizi bagi bayinya. Para dokter di Africa menggunakan daun kelor untuk pengobatan diabetes dan di India daun kelor digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Dari hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya.

Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2(kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

Sementara itu,manfaat daun kelor di antaranya adalah sebagai berikut 



Antimikroba, antibakteri, antiinflamasi (antiradang), infeksi, virus Ebstein Barr (EBV), virus herpes simplek (HSV-1), HIV/AIDS, cacingan, bronchitis, gangguan hati, antitumor, demam, kanker prostat, kanker kulit, anemia, diabetes, tiroid, gangguan saraf, kolik di saluran pencernaan, rematik, sakit kepala, antioksidan, sumber nutrisi (protein dan mineral), dan tonik.

Anti-inflamasi.

Kelor memiliki fungsi pengobatan karena mengandung kalsium dan pospor. Kandungan mineral dan vitamin sangat tinggi dibanding sayuran lainnya. Tidak heran, media asing banyak yang menyebut kelor sebagai “pohon ajaib” maupun “Pohon untuk Kehidupan”.

Dari penelitian daun kelor mampu menghambat aktifasi NFkB dan menurunkan ekspresi protein tumor.

Menurunkan kolesterol jahat.

Kelebihan kolesterol dapat memacu berbagai penyakit. Tingginya kadar kolesterol dipicu oleh pola makan yang kurang sehat dan ditambah faktor psikologis seperti stres. Hormon adrenalin dan kostisol dapat memicu produksi kolesterol dalam tubuh.

Penelitian tentang daun kelor membuktikan, bahwa efek dari ekstrak kelor sebanding dengan obat atenolol dalam menurunkan kadar lemak dalam tikus.

Mengatasi nyeri, letih, linu.

Daun kelor mengandung pterigospermin yang merangsang kulit sehingga dapat berfungsi sebagai param yang manghangatkan. Jika daun kelor dilumat dan dibalur akan mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik.

Manfaat Bunga

Antimikroba, antibakteri, infeksi, flu, cacingan, sariawan, radang tenggorokan, antitumor, rematik, gangguan saraf, sumber nutrisi, dan tonik.

Manfaat Biji Kelor

Antimikroba, antibakteri, kutil, penyakit kulit ringan, penjernih air, antitumor, sariawan lambung, demam, rematik, antiinflamasi, menaikkan kekebalan tubuh, sumber nutrisi, dan tonik.

Kulit Batang Kelor

Mengatasi karang gigi, gangguan pencernaan, flu, sariawan, antitumor, rematik, detoksifikasi, penetralisir racun ular serta kalajengking, sumber nutrisi, alat kontrasepsi dan afrodisiak.

Manfaat Akar Kelor

Antimikroba, karang gigi, flu, demam, asma, penguat jantung, antiinflamasi, rematik, bengkak kaki (edema), epilepsi, sakit kepala, afrodisiak, menjaga kesehatan organ reproduksi, penyegar kulit, mengobati penyakit ginjal, dan pembesaran hati (hepatamegali)

Semoga bermanfaat.



7 comments:

  1. Mertua ku sering masak ini... hampir tiap hari malah, ya karena tahu kasiatnya.

    https://satuaspal.com/2016/04/12/asem-beli-verza-di-kasih-tool-kit-motor-bebek/

    ReplyDelete
  2. belum pernah dari kecil coba makan ini

    https://imotorium.com/2016/04/11/iims-2016-melihat-langsung-new-honda-brio-satya-2016-facelift-yang-menggiurkan/

    ReplyDelete
  3. disini jarang liat daun kelor ginian

    https://adityaprad.wordpress.com/2016/04/12/konsep-modifikasi-mt-25-versi-adventure-jadi-mt-25-tracer/

    ReplyDelete
  4. Ngapunten,mbah Mo...
    Sempat mampir di spam...

    ReplyDelete
  5. pantangan, mengko luntur ilmune. ^,^

    ReplyDelete
  6. Gileeee....semuanya bermanfaat ternyata ..dari daun sampe akar.... ini juga nih yg baru saya tahu...ternyata daun kelor juga bisa ngusir setan kolesterol jahat.... nice blog...keep posting ...😀

    http://sehatunikmat.blogspot.com

    ReplyDelete

Post Top Ad