Skip to main content

Profil: Pak Paniran,Pengrajin Tempe Sukses dari Jayapura,Berawal dari Nol,Bermodal Kejujuran dan Keuletan.

Tempe-prosesPembuatan-tempe-jayapura

[ Jayapura-NyuusNews.com]. Tempe,siapapun kita yang ada di negeri Indonesia tercinta ini tentu mengenal jenis makanan ini,sebagai lauk pauk asli Indonesia,tepatnya dari Pulau Jawa.


Seiring perkembangan dan perjalanan waktu dan selaras dengan penyebaran penduduk Indonesia ke berbagai pelosok Nusantara,akhirnya tempe ini juga telah di kenal dan menjadi komoditi juga sebagai salah satu kebutuhan pokok masyarakat di berbagai pelosok Nusantara.
Tak terkecuali di Jayapura.

Dari pantauan NyuusNews.com di Pasar Sentral Youtefa Abepura Jayapura,terdapat puluhan pedagang tempe yang mayoritas mereka adalah kaum perantau dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

Penelusuran terus berlanjut hingga akhirnya NyuusNews.com bertemu dengan salah seorang pengrajin tempe yang cukup ternama di Abepura Jayapura,yang berdomisili di Seputaran Kali Acai Abepura Jayapura.



pengrajin tempe jayapura-pak paniran

Adalah Seorang Bapak berusia 50-an tahun yang yang berasal dari Kabupaten Jember Jawa Timur dan telah sekitar 7 tahun berdomisili di Abepura menggeluti usaha pembuatan tempe ini.

Sebut saja namanya Pak Paniran.

Memulai usaha Dari Nol.

Memulai obrolan dengan beliau,tentu saja di awali dengan cerita bagaimana asal muasal beliau ini bisa memulai usaha pembuatan tempe ini.

Dari pengakuan beliau,Usaha ini di mulai pada sekitar tahun 2011 yang lalu yang mana waktu itu beliau memulai belajar membuat tempe dari seorang adiknya yang memang seorang pengusaha tempe kawakan.

Jadi cerita singkatnya begini,Waktu itu Pak Paniran mempunyai seorang adik di Jayapura yang memang sudah lama berusaha di bidang pembuatan tempe. Dan pada suatu waktu,sang adik berniat pulang kampung ke Jawa dan "menitipkan" usaha pembuatan tempenya pada Pak Paniran.
Tentu sebelumnya,beliau ini mendapatkan pelatihan dan praktek langsung bagaimana cara membuat tempe yang baik dan benar.

Berbekal ilmu yang di dapat dari adik tercintanya,Pak Paniran ini terus berusaha menjadikan usaha tempenya berkembang dan terus berkembang.
Bukan hanya meningkatkan jumlah pelanggannya,tapi beliau juga terus berupaya mencari terobosan baru agar produk tempenya mempunyai kualitas yang super dan benar-benar bermutu.

Di bantu oleh beberapa karyawan dan beberapa anaknya,setiap hari beliau mampu memproduksi tempe dengan bahan baku kedelai sekitar 200 kilogram bahkan bisa lebih.

Bicara mengenai bahan baku,kedelai yang merupakan bahan baku utama ini adalah kedelai impor dari Kanada yang di pasok langsung oleh distributor langsung dari Surabaya.

Naah..di sinilah letak kejujuran dan keuletan dalam berusaha  bisa menentukan mudah tidaknya sebuah usaha yang di lakoni.
Maksudnya,kepercayaan pihak distributor kedelai yang memasok bahan baku sudah sedemikian besar pada beliau,sehingga untuk pembayaran setiap kali pengiriman kedelai yang nominalnya bisa mencapai puluhan juta tersebut bisa di lakukan di belakang.,maksudnya ketika kedelai sudah habis dan order lagi baru di lakukan pembayaran atas orderan yang pertama.

Kejujuran dan keuletan Pak Paniran ini berbuah manis.
Omzet usahanya mencapai jutaan rupiah per hari.
Beliau memang tidak mau menyebutkan secara pasti berapa jumlah omzet usahanya per hari,namun di sini NyuusNews.com maklum dan melihat hal ini adalah sebuah kerendahan hati dari seoramng pengusaha sukses.

Ketika di tanya,apa kesuksesan terbesarnya dari usaha tempenya ini,beliau mengatakan jika kesuksesan terbesarnya adalah Beliau bersama sang Istri telah bisa mendaftar Haji ONH plus untuk pemberangkatan 2 tahun ke depan.

proses pembuatan tempe jayapura

Hal terakhir yang beliau lakukan untuk meningkatkan kualitas produksi tempenya adalah,beliau membeli sebuah mesin pengemasan atau mesin packing yang biasa di gunakan untuk packing snack dalam industri makanan dan beliau gunakan untuk mengemas tempenya.

Jadi dengan adanya mesin packing ini,pengemasan tempe milik Pak Paniran tidak lagi menggunakan tenaga manual,malainkan telah menggunakan mesin yang secara otomatis bisa mempersingkat waktu kerja dan meningkatkan kuantitas alias juml;ah produksi per hari nya.

Keunggulan lain dari di gunakannya mesin pengemas ini adalah,mesin ini mengharuskan bahan baku yang di pakai adalah kedelai murni,tanpa kulit ari.
Karena jika bahan baku kedelai masih bercampur dengan kulit arinya,maka kinerja mesin ini akan terganggu dan pengemasdan tempe yang di lakukan akan menemukan banyak kendala.

Jadi intinya ,Tempe produksi Pak Paniran ini adalah Tempe kedelai yang murni tanpa tercampur kulit ari kedelai yang biasa tercampur pada tempe yang di kemas secara manual.

Jadi sebagai penutup,bagi pembaca yang berdomisili di Jayapura dan berniat membeli tempe produksi beliau,silahkan datang langsung ke lokasi di Kali acai Abepura Jayapura.

Lengkapnya adalah

UD.ABE JAYA
PENGRAJIN TEMPE P.PANIRAN
Kali Acai Abepura Jayapura
No.hp : 081 240 459 199

Beliau melayani pesanan juga,berapapun tempe yang di minta akan di layani.

Untuk artikel cara pembuatan tempe dari awal sampai akhir,yang juga akan di sertai Videonya, akan segera menyusul pada tulisan selanjutnya.

Comments

  1. Wah...luar biasa ...kesabaran dan keuletan...membuahkan hasil yg tidak instan....

    http://sehatunikmat.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Touring Honda Supra GTR 150 Jelajah Kota Merauke.

[Merauke,NyusNews.com] Astra Motor Merauke menggelar kegiatan rolling City bersama komunitas motor Honda di kota Merauke dengan tema "Touring GTR Jelajah Kota

Acara ini disupport sepenuhnya oleh Astra Motor Papua selaku main dealer Honda wilayah Papua dan Papua Barat.

PIC Astra Motor Papua,Irfandi Achmad dalam rilisnya kepada NyusNews.com menyatakan jika acara tersebut dimulai dengan titik star di depan kantor Astra motor Merauke.



Acaranya adalah rolling City mengelilingi kota Merauke dan berakhir di salah satu cafe yang ada di kota Merauke.

Selain rolling City pihak Astra motor sengaja mengajak seluruh komunitas motor yang ada di kota Merauke untuk sharing diskusi mengenai perkembangan komunitas motor yg ada di kota Merauke dan mengajak untuk lebih aktif dan lebih aktif bersinergi dengan Astra motor Honda.


Komunitas motor  di kota Merauke yang mengikuti acara rolling city tersebut adalah :
1. CB CLASSIC CUSTOM MERAUKE
2. MOGE
3. CM3 (comunitas motor matic merauke)
4. Vix…

Cara Sederhana Tapi Nyuss dan Jitu Terhindar Dari Jambret Tas / Handphone. (Video).

[Jayapura, NyusNews.com] Bertambahnya populasi penduduk,peningkatan kebutuhan hidup dan kerasnya persaingan hidup berjalan selaras dengan peningkatan angka kriminalitas,seperti pencurian,penodongan,begal ataupun jambret/copet.

Tak terkecuali di Kota Jayapura.
Kota kecil dengan tingkat perekonomian tinggi di ujung timur Indonesia dan ibukota propinsi Papua ini juga tak luput dari hal-hal di atas.

Hampir setiap hari terdengar cerita dan berita tentang kejahatan yang dialami warga.



NyusNews.com sendiri pernah beberapa kali melihat kejadian penjambretan tas dan Handphone di depan mata kepala sendiri,namun tak bisa berbuat apa-apa lantaran si jambret dalam melakukan aksinya menggunakan kendaraan bermotor dan langsung kabur setelah berhasil merampas tas atau handphone milik korban.

Dan kali ini,NyusNews.com akan membagikan tips sederhana namun jitu dan nyuss untuk bisa terhindar dari jambret atau copet.


Pertama,bagi yang suka membawa tas,usahakan membawa tas dengan menyelematkan tali tas seca…

KODIM 1707/Merauke Undang Tim Safety Riding Astra Motor Papua Berikan Edukasi ke Seluruh Personil.

Bertempat di Aula Kodim 1707/Merauke,tim Safety Riding Astra Motor Papua yang di punggawai oleh Instruktur Safety Riding Astra Motor wilayah Papua dan Papua Barat Irfandi Achmad,memberikan pembekalan materi Safety Riding kepada seluruh personil tentara di lingkungan Kodim 1707/Merauke.

Kodim 1707/Merauke sengaja mengundang tim Safety Riding Astra Motor Papua yang kebetulan sedang melakukan kampanye safety Riding di wilayah kota Merauke untuk mengisi acara kegiatan tersebut dengan membawakan Materi mengenai
Keselamatan Berkendara dan Membudayakannya di Internal Kodim 1707. 

Adapun garis besar kegiatan tersebut berupa pembekalan kepada seluruh Porsenil
tentara Kodim 1707 Merauke mengenai bahaya dan dampak buruk Narkoba bagi
anggota dan seluruh Jajaran porsenil tentara dan tim safety riding Honda Papua mengajak sharing mengenai tehnik berkendara yang baik dan benar.
Peserta yang hadir sangat antusias di lihat dari banyaknya peserta yang
hadir.  Semoga materi yang diberikan dapat bermanfaat dan…