Mengapa Kreativitas Itu Penting Dalam Kehidupan?
top of page

Mengapa Kreativitas Itu Penting Dalam Kehidupan?



Berikut ini apa kata mereka tentang kreativitas…

 

“Kreatif akan membawamu dari A ke B. Kreatif akan membawa kamu kemanapun.” [Albert Einstein]
“Jangan berpikir! Berpikir adalah musuh kreativitas. Kamu tidak bisa ‘mencoba’ melakukan sesuatu. Kamu hanya ‘harus’ melakukan sesuatu.”  [Ray Bradbury]
“Pikiran adalah getaran kreatif. Kualitas keadaan-keadaan yang diciptakan akan bergantung pada kualitas pikiran kita karena kita tidak bisa mengekspresikan kekuatan yang tidak kita miliki.” [Charles F.Haanel]
“Berpikir kritis dan kreativitas adalah pasangan yang cocok!” [Emma [Sue Prince] 
“Kreativitas itu meliputi proses mencipta, bereksperimen, berkembang, mengambil resiko, melanggar aturan, berbuat salah, dan bersukaria.” [ Mary Lou Cook]
“Yang paling penting, kebaruan dan kreativitas tidak dapat diketahui kecuali mereka muncul dari keteraturan.” [Ross A. Webber]
“Bekerja dalam bidang apa pun sesungguhnya adalah interaksi, kombinasi yang kreatif antara intelek dan hati.” [Jakob Oetama]

 


Kreativitas memainkan peran yang sangat penting dalam banyak aspek kehidupan kita, tidak hanya saat ini, tetapi juga di masa lalu serta dalam kemajuan kehidupan manusia. Istilah "scenius" yang ditemukan dalam buku “Show Your Work” karya Austin Kleon, dijelaskan oleh musisi Brian Eno sebagai cara yang lebih sehat untuk memandang kreativitas.


Kreativitas tidak selalu berarti menciptakan sesuatu yang baru secara total, melainkan memperbaharui hal yang sudah ada, yang merupakan hasil kerja dari sekelompok orang kreatif seperti pemikir, cendekiawan, perumus teori, tokoh dunia, seniman, dan banyak lagi. Kreativitas memberikan kepuasan tersendiri bagi penulis ketika mereka mengekspresikan diri melalui tulisan mereka dan memberikan pembaca pengalaman baru ketika membaca hasil kreativitas tersebut.



Bagi pribadi yang memiliki bakat kreatif, kreativitas sangat penting bagi kehidupan mereka, karena melalui kreativitas mereka dapat mengaktualisasi diri dan memperoleh kepuasan batin. Kreativitas juga menjadi pendorong utama dalam inovasi, karena mendorong seseorang untuk menghasilkan ide-ide baru yang dapat menciptakan solusi inovatif di berbagai bidang, seperti teknologi, bisnis, seni, dan ilmu pengetahuan.

Kutipan yang saya suka juga tentang kreativitas, tertulis begini, “Sebuah ide bisa mengubah dunia. Dan, ide itu seringkali muncul dari hal-hal sepele.” (Anonymous)

Namun, banyak orang yang menganggap bahwa kreativitas hanya dimiliki oleh sebagian kecil orang yang memiliki bakat khusus. Padahal, kreativitas sebenarnya dapat dipelajari dan diasah oleh siapa saja. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas adalah dengan mengembangkan kebiasaan berpikir kreatif, seperti berpikir di luar kotak dan menggabungkan ide-ide yang tidak lazim untuk menciptakan solusi baru.


Selain itu, mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru juga dapat membantu meningkatkan kreativitas seseorang. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru dan mengembangkan kebiasaan berpikir kreatif untuk memperoleh manfaat besar dari kreativitas dalam kehidupan Anda.



Kreativitas adalah jalan yang penting dalam membentuk siapa kita di masa depan. Bagi kamu yang ingin mencoba untuk menjadi pribadi kreatif, pikirkan pengalaman di mana kamu memikirkan suatu ide kreatif, dan mulailah menjadikannya kenyataan. Dengan melakukan ini, kamu akan merasakan kepuasan luar biasa dari hasil kreatifitas kamu. Oleh karena itu, jangan takut untuk memperbaharui hal yang sudah ada, karena inilah kunci untuk menciptakan karya yang luar biasa.

"Hari ini, kreativitasmu memainkan peran penting dalam membentuk dirimu di masa depan."

Menjadi kreatif bukanlah hal yang sulit, selama kita memiliki kemauan dan tekad untuk mencobanya. Kreativitas bisa datang dari berbagai sumber, seperti pengalaman hidup, hobi, atau bahkan dari lingkungan sekitar kita.


Penting untuk terus mengasah kemampuan kreatif kita dengan melakukan eksplorasi dan mengambil risiko dalam menciptakan sesuatu yang baru. Jangan menyerah jika gagal pada percobaan pertama, karena kegagalan adalah bagian dari proses belajar. Teruslah mencoba dan mengembangkan potensi kreatifitas kita, siapa tahu kita bisa menciptakan karya yang luar biasa dan berpengaruh di masa depan. Berikut lima tips pendorong agar kamu dapat mengembangkan potensi kreativitas dalam diri:

 

  1. Dengan kreativitas kamu akan dibawa ke berbagai pengalaman-pengalaman baru. Di mana melalui pengalaman-pengalaman baru tersebut kamu terasah dan terlatih, sehingga kita menemukan solusi inovatif dan dapat mengatasi hambatan yang mungkin menghambat kreativitas diri.

  2. Doronglah diri kamu untuk terus mengekspresikan diri dalam bidang apapun yang sedang tekuni saat ini. Orang kreatif suka mengembangkan dirinya! Misalnya, salam seni, tulisan, musik, atau bidang kreatif lainnya, sehingga kita dapat dengan bebas mengungkapkan ide, emosi, dan visi kita sendiri dengan cara yang mengagumkan.

  3. Kreativitas dapat menjadi sarana kita untuk pengembangan diri yang lebih baik. Selain itu, kita dapat melibatkan diri dalam kegiatan kreatif, sehingga dapat meningkatkan pemahaman diri, meningkatkan keterampilan, memperluas wawasan, serta meningkatkan kepercayaan diri. Kreativitas itu sangat menyenangkan bagi mereka yang kreatif!

  4. Nah, kreativitas juga dapat mendorong kolaborasi yang kuat, karena melibatkan orang-orang dengan latar belakang dan keterampilan yang berbeda untuk menciptakan sesuatu yang baru dan unik. Sering berkumpul dan bertukar pendapat dengan banyak orang dari berbagai latar belakang yang berbeda akan menambah hal-hal baru. Jadi, tunggu apalagi?...

  5. Selain beberapa hal tersebut diatas, kreativitas itu juga bisa menginspirasi dan memotivasi orang lain. Melalui hasil dari ide-ide kreatif dan inovatif kita dapat memicu seseorang memiliki kekuatan untuk mengubah dunia dan mempengaruhi kehidupan orang lain secara positif. Ambil contoh; para seniman, penulis, ilmuwan, YouTuber kreatif, Motivator, dan pemimpin kreatif dan inovatif yang melalui karya mereka telah menginspirasi dan membawa dampak perubahan luar biasa dalam masyarakat. Yah! Mulailah dari hal kecil yang kamu ingin kembangkan, dan wujudkanlah itu.

 

***

18 tampilan0 komentar
bottom of page