Pendobrak Kreativitas Diri
top of page

Pendobrak Kreativitas Diri



“Salah respon ide dapat membuat salah arah.”

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membuat perubahan dalam rutinitas. Dimulai dengan membuat daftar hal-hal yang kita lakukan sebagai kebiasaan. Kemudian, cek ulang kebiasan-kebiasaan itu satu demi satu, selanjutnya secara sadar cobalah mengubah selama sehari, seminggu, sebulan, atau terserah kamu.


Coba pikirkan hal-hal kecil yang bisa dipraktekan untuk mengubah rutinitas harian kita.

Salah satu cara sederhana untuk menjadi pribadi kreatif ialah mulai melawan rutinitas. Kita perlu sikap proaktif, agar kreativitas kita semakin meningkat. Jangan sampai kita, belum melakukan apa-apa sudah mengatakan ini tidak mungkin, pada akhirnya hanya meratap karean melakukan yang biasa-biasa saja.



Melalui tulisan saya sebelumnya, bahwa kreativitas itu merupakan daya cipta seseorang untuk menghasilkan sesuatu, dalam hal ini bisa saja berangkat dari masalah-masalah berupa ide, temuan, produk atau informasi yang kita miliki sehingga mendorong diri kita untuk menghasilkan inovasi baru.


Temuan penelitian Universitas Harvard di Amerika Serikat, diketahui bahwa kesuksesan seseorang tidak hanya bergantung pada pengetahuan dan keterampilan teknis (hard skill), tetapi lebih pada kemampuan memimpin diri sendiri dan orang lain (soft skill). Penelitian ini menunjukkan bahwa hanya sekitar 20% kesuksesan ditentukan oleh hard skill dan sisanya 80% ditentukan oleh soft skill. Bahkan, orang-orang tersukses di dunia bisa sukses karena lebih banyak didukung oleh soft skill daripada hard skill


Ada pepatah mengatakan bahwa kita tidak pernah tersandung batu besar, kita selalu tersandung batu kerikil. Terkadang kita salah fokus dalam mengejar kesuksesan. Kita terlalu memikirkan bagaimana cara mengalahkan orang lain, hingga lupa bahwa ada hal yang sama pentingnya, yaitu diri kita sendiri.Ya, seringkali kita terlalu sibuk mempermasalahkan ide orang lain, sehingga melupakan memimpin ide-ide kita sendiri. Karena itu, milikilah pikiran yang benar sehingga kita memiliki tindakan yang benar.

 

“Menjadi kreatif itu perlu kebiasaan dan skill yang bisa terus dilatih.”

***

4 tampilan0 komentar
bottom of page