Mengatasi Kecemasan dengan Fokus pada Kelebihan
top of page

Mengatasi Kecemasan dengan Fokus pada Kelebihan



NyusNews.Com --Ketika kita merasa cemas atau khawatir, kita sering kali terlalu fokus pada masalah atau kekurangan yang ada dalam diri atau situasi yang sedang dihadapi. Namun, hal ini justru dapat menimbulkan rasa stres dan cemas yang lebih parah.


Sebagai alternatifnya, kita dapat mencoba untuk memusatkan perhatian pada kelebihan yang dimiliki. Misalnya, jika merasa cemas akan presentasi di depan umum, fokuslah pada kemampuan berbicara atau pengetahuan yang sudah dimiliki. Dengan berfokus pada kelebihan, kita dapat merasa lebih percaya diri dan menghilangkan rasa cemas yang berlebihan.


Berikut ini saya tuliskan beberapa contoh cara mengatasi kecemasan dengan fokus pada kelebihan:

Seringkali kecemasan dapat membuat seseorang terpaku pada kelemahan dan kekurangan. Mulailah dengan mencatat kelebihan dan prestasi pribadi Anda. Mengenali dan mengingat kelebihan diri dapat meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi kecemasan.



Atau, mulai tetapkan tujuan realistis yang dapat dicapai dan bagi menjadi langkah-langkah kecil. Fokus pada pencapaian langkah-langkah kecil dapat membantu mengalihkan perhatian dari kecemasan dan memberikan perasaan pencapaian.




Tidak hanya itu, Sobat Nyus News juga dapat membiasakan diri dengan menggunakan afirmasi positif dapat membantu mengubah pola pikir negatif. Kata-kata positif tentang diri sendiri dapat merangsang kepercayaan diri dan mengurangi kecemasan. Saya setiap pagi harus mengucapkan kata-kata ini, saya hebat, kuat, sempurna, semangat, dan baik hati. Bagi saya mengucapkan afirmasi ini membantu pikiran dan jiwa saya tenang. Cobalah!


"Ketika kegelisahan datang, jangan takut karena itu hanya bayangan. Aku lebih memilih untuk berfokus pada hal-hal positif dan mengasah kekuatan dalam diri sendiri."

Berkaitan dengan mengatasi kecemasan, Sobat Nyus News bisa mulai Fokus pada pengembangan keterampilan dapat memberikan perasaan kontrol dan kompetensi. Ketika seseorang merasa mampu untuk mengatasi tantangan, kecemasan dapat berkurang secara signifikan.



Selain itu, kita juga bisa melihat situasi yang sedang dihadapi dengan sudut pandang yang berbeda. Alih-alih melihatnya sebagai masalah yang menakutkan, cobalah melihatnya sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang.


Namun, perlu diingat bahwa rasa cemas atau khawatir adalah hal yang normal dan wajar terjadi pada setiap orang.


Jika rasa cemas tersebut sudah mengganggu aktivitas sehari-hari atau memengaruhi kenyamanan mental, sebaiknya mencari bantuan dari profesional kesehatan mental seperti bikin janjian dengan seorang psikolog atau konselor.

Nah, menurut saya hal yang tidak boleh diabaikan adalah dari diri sendiri, ya dukungan diri sendiri dan orang lain dengan memberikan apresiasi pada kelebihan yang dimiliki. Dengan saling mendukung dan memperhatikan kelebihan pada diri sendiri dan orang lain, kita dapat menciptakan lingkungan yang positif dan terus produktif dalam berkarya, apapun bidang kita saat ini.


***

*) Feature image: media from Wix

34 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page